Sabtu, 16 Maret 2013

Diksar Mapala Kumtapala Selama 16 Hari


Sumber           : Mercusuar
Edisi                : Jumat, 1 Januari 2013

PALU, MERCUSUAR – Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Kumtapala Fakultas Hukum (Fakhum) Universitas Tadulako (Untad), menggelar pendidikan dasar (diksar) kepada anggotanya selama 16 hari di Kecamatan Ampibabo Desa Marantale, Kabupaten Parigi Moutong. 

Mantan Ketua Mapala Arif Awaludin, Jumat (1/1) menuturkan anggota baru yang mengikuti proses pemantapan itu sebanyak tiga orang, “Pemantapan adalah serangkaian kegiatan kedua setelah anggota baru melaksanakan diksar,” terangnya. 

Lebih lanjut Arif menjelaskan, kegiatan itu diberi nama tim telusur jejak karena peserta pemantapan di wajibkan menelusuri jejak anggota Mapala Kumtapala yang telah melewati jalur tersebut. 

“Sebelum menuju Desa Marantale, tim telusur jejak harus naik taksi dulu ke Kabupaten Donggala Desa Wombo, kemudian turun dari Desa Wombo akan dilanjutkan dengan berjalan kaki melawati hutan dan pegunungan, hingga sampai di Desa Marantale,” terangnya. 

Ditambahkan Arif, adapun jenis kegiatan yang akan peserta pemantapan atau tim telusuri jejak lakukan terbagi atas empat divisi, yakni divisi hutan yang mempunyai tujuan mendata pendapatan kondisi hutan termaksud flora dan fauna dan pemetaan hutan, yang rencana juga akan menjadi arsip lembaga. 

“Kemudian ada divisi tebing yang setiap tim telusur jejak wajib memanjat tebing likuinggavali yang ada di Desa Marantale, sedang divisi keving gunanya membuat pemetaan gua dan terakhir divisi advokasi dan konservasi adalah tugas pengadvokasian tim setelah turun ke masyarakat apabila terjadi kerusakan lingkungan,” tutur Arif. INT 

Tidak ada komentar: