Sabtu, 15 Oktober 2011

EKSPEDISI BUDAYA MASYARAKAT PEDALAMAN SOJOL 2010

ANGKATAN XVII, XVIII, XIX MAPALA KUMTAPALA BERBAGI PENGALAMAN DI GUNUNG SOJOL
Dua bulan setelah terbentuknya tim yang dinamakan tim Ekspedisi Budaya Masyarakat Pedalaman Sojol 2010 MAPALA KUMTAPALA Fak. Hukum Univ. Tadulako, yang terdiri dari 12 orang Pejantan Tangguh (Febrianto, Anggri Juliansyah, Sudirman, Sulfikar, Moh. Rifai M. Hadi, Moh. Akbar, Satria Abdi, Farid Triadi, Moh. Rifki, Sandi Prasetya, Risman dan Arrahman). Itulah nama-nama tim Ekspedisi Budaya Masyarakat Pedalaman Sojol 2010. Keutuhan, keyakinan, serta totalitas tim ditunjukan setelah terbentuknya tim tersebut. Semua perlengkapan tim, pribadi, logistic, surat izin kegiatan sudah dipersiapkan sebelumnya.
Hari ini, hari  yang paling ditunggu, hari yang paling bahagia sekaligus meneggangkan, tepat pada pukul 13.37 tim bersama-sama Dewan Pembina, Anggota Kehormatan, Anggota Tetap, Anggota Muda serta Calon Anggota Mapala Kumtapala melakukan Upacara Pelepasan, yang dipimpin langsung oleh Kanda Wawan Ilham, SH dan Pembina Upacara oleh Kanda Djamaluddin, SH. Setelah itu lingkaran hening pun dilakukan (sesuai tradisi KUMTAPALA) sambil berpegangan tangan seraya berdoa agar semua tim kembali dengan selamat. Wajah sedih, lesu, tangis dan bahagia nampak mengiringi keberangkatan tim Ekspedisi Budaya Masyarakat Pedalaman Sojol 2010, itulah sejenak yang kami tinggalkan. Pukul 14.20 tim Ekspedisi telah meninggalkan Base Camp Mapala Kumtapala tercinta menuju ke pertigaan Kampus Untad sambil menunggu mobil menuju ketempat lokasi kegiatan (Siboang).
Sejak berangkat dari pertingaan kampus Untad, mobil track yang kami tumpangi tiba pada pukul 10.42 di Desa Siboang Kec. Sojol Kab. Donggala, yang seharusnya tiba pada malam hari, karena mobil tersebut masih memuat semen di Pantoloan jadinya tiba pada pagi hari. Wajah Ibu Aksan kaget sambil tersenyum melihat 12 orang turun dari mobil, inilah kami, inilah Mahasiswa yang pernah berjanji akan kembali saat survey sebelumnya. Tim pun menurunkan semua barang-barang dan langsung istirahat sejenak setelah itu tim breeffing. Breeffing tersebut menghasilkan bahwa sebagian tim mengantar surat pemberitahuan kegiatan kepada kepala Desa Siboang, Camat Sojol, Kepala Desa Siboang dan Kapolsek Sojol, sebagian tim lagi membuat plakat di pertigaan Sipator dan sebagian tim lagi ditugaskan untuk mencari data mengenai sejarah Sojol (Observasi).
Tim Ekspedisi Budaya Masyarakat Pedalaman Sojol 2010 dilepas langsung oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa Siboang serta Warga setempat untuk berangkat ke Dusun Sipator sebagai titik star pendakian dengan memakai mobil track. Pukul 12.00 tim Ekspedisi tiba di titik star pendakian tepatnya di Rumahnya Pak Guru (Guru Karate). Tim langsung disambut gembira oleh warga Dusun Sipator, akan tetapi saat itu Pak Guru tidak berada di tempat, tim pun langsung istirahat.
Pada pukul 07.00 sebagian tim beraktivitas sebagai mana mestinya, yaitu memasak, mandi dan mencuci. Pada malam hari  tim melakukan observasi sesuai dengan nama kegiatan yang kami lakukan, responden pada saat itu adalah Pak Guru, selama ± 4 jam tIm mencari data mengenai Sejarah Sojol serta kebiasaan-kebiasaan masyarakat setempat.

Awal kegiatan pendakian sekaligus disambut oleh hujan yang begitu deras, setelah berpamitan pada warga Dusun Sipator  pada pukul 13.00. tim ekspedisi Ekspedisi Budaya Msyarakat Pedalaman Sojol 2010 bergerak dan hari pertama pendakian, dipertengahan perjalanan tim istirahat di sebuah pondok warga. Pada hari yang sama,  Kondisi medan yang  sangat menantang untuk dilalui, seakan-akan wall climbing yang kami lakukan, canda tawa mengiringi langkah kami untuk membuang rasa lelah, letih dan lesu. waktunya istirahat, sesuai dengan schedule yang kami susun, membagi tugas sesuai dengan kemampuan dan postur tubuh tiap Anggota Tim,, wahh kayaknya si Akbar N si Farid yang mencari kayu bakar ni badannya besar kaya gorilla hehehehe......
Hari sudah mulai gelap, mengelilingi api unggun dan evaluasi perjalanan tadi. Selanjutnya diadakan diskusi, yahh walaupun tema diskusinya agak ngawur, tapi nda menuntut kemungkinan ada ilmu lo didalam pembahasan itu.

Kali ini tim menyusuri sungai dan menyipir lereng-lereng gunung, tujuan yang ingin kami capai yaitu rumah Pak Birata, rencananya disini kami mengambil data lagi (observasi).  Tim tiba di rumahnya Pak Birata sekitar pukul 13.00 wita.   Dari Rumah Pak Birata ini sekitar tiga hari sudah meraih Puncak KUMTAPALA,  dan untuk menghargai waktu tim tidak berlama-lama lagi dirumahnya Pak Birata tersebut dan langsung berangkat. Saudara Sudirman  Alias Sinchan Alias Icank sengaja membawa pakaian untuk diberikan kepada masyarakat pedalaman Sojol, tetapi kali ini kami menukarkan dengan bĂȘte atau talas, masing-masing anggota tim mempacking talas tersebut.. hohoho biasa minuts-2 logistik.

Hari berikutnya  kondisi medan yang kami lewati sangat bervariasi sumber air pun masih ada, tidak ada anggota tim yang drop pada hari ini, semua berjalan dengan penuh semangat dan kekompakan tim pun semakin terjaga dengan suara-suara yang keluar dari beberapa anggota tim “KUMTAPALA” kata-kata itulah yang membuat kami terus menelusuri hutan belantara, tidak ada keluhan-keluhan yang terdengar, eehhh kecuali Akbar Alias Anakonda Alias Akon Cariernya tasangkut-2 di duri rotan makian terus yang muncul dari mulutnya. keadaan itu yang membuat kami semakin terbahak-bahak, aneh, lucu.  Pukul 11.30 tim istirahat membuang rasa lelah sejenak, disini canda tawa terdengar lagi disela-sela tim, entah penghuni Sojol ini marah kami tidak peduli akan hal itu. Ada beberapa orang yang ditugaskan ketua tim untuk survey jalur dan sambil membersihkan jalur yang tertutup, setelah itu kami melanjutkan perjalanan dengan penuh gairah yang tinggi. Pukul 16.00 wita, tim istirahat sejenak dan kemudian tiga orang dari tim di tugaskan untuk survey jalur beberapa ratus meter kedepan karena jalur didepan agak menanjak, lama tim lain menunggu, tim survey pun tak kunjung datang, akhirnya kami memutuskan untuk buat bivack, disela-sela membuat bivack tim yang ditugaskan telah datang dan mereka mengatakan bahwa jalur didepan agak menanjak, tidak layak untuk ngecamp.  Semua bergerak tanpa pembagian tugas, disini dilihat kekompakan tim, kerjasama yang baik dan alhamdulilah semua bekerja, semua berfungsi dari berbagai komponen tim. Ada yang memasak, bangun tenda, cari kayu, buat api dan buat jemuran. WAAAHH kompak yah.... Malam harinya kami lanjutkan untuk diskusi, ditemani dengan suara jangkrik dan hangatnya malam didepan api unggun ditemani 4 cangkir kopi diminum secara bergantian.

Pagi ini, membuka res Tenda Kabut menutupi pepohonan, jarak 10 meter pun tidak terlihat... matahari enggan untuk menyinari diarea ini, dingin seperti di dalam kulkas selama 1 jam.. ini pertama kali seluruh anggota tim merasakan hal seperti ini, kami harus bergegas masak, makan, packing dan berdoa . ditengah perjalanan pun matahari masih enggan tuk menyinari pegunungan Sojol. WoOwooooWW Hujan telah membasahi hutan Sojol sekaligus dengan penghuni-penghuninya,. Ada yang membongkar cariernya untuk mengambil ponco /jas hujan ada juga yang tetap dengan gagahnya memakai baju biasa, waduhhh sombongnya.........
Tapi kondisi ini malahan menambah kami semangat, membuat kami semakin tertantang oleh dinginnya Sojol, tertantang oleh gigitan Pacet yang menempel di betis.  Tim tetap bergegas melangkahkan kaki , pas di sela-sela perjalanan kami menemukan paralon yang bertuliskan pos air yang dibuat oleh MAPALA KUMTAPALA pada tahun 1994, sebagian anggota tim ditugaskan mengambil air karena persediaan air sudah menipis, padahal pada saat itu hujan, yaaahhh kondisinya kan sementara dalam perjalanan.  Anggota Tim yang masih kosong jergennya segera berlari mengikuti suara sungai.

Pepohonan di ketinggian 1400 MDPL ini tertutup oleh Lumut yang sangat tebal , bila menyentuh pohon itu terasa pegang es, ya sembarang es lah......... diketinggian ini hutan rapat  pun tak bissa terhindarkan, dengan kondisi seperti ini Tim harus berdekatan , jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Tak lama lagi  puncak KUMTAPALA aka kami dapatkan sebab plakat seakan-akan mendorong kami secepatnya berlari untuk menggapai itu.
Tim harus menginap tidak berani mengambil resiko sebab jam sudah menandakan 16.47 Wis (Waktu Indonesia Sojol).
Hati kami semakin menggebu-gebu betapa tidak walaupun kabut menyelimuti bangun tidur kami , walaupun dinginnya Sojol menggetarkan tulang-tulang kami tapi Puncak KUMTAPALA di perkirakan hanya sekali gass lagi..... ayooo kita raih apa yang selama ini kita mimpi-mimpikan, yang sering terdengar saat kita di Base Camp tentang Sojol, Tentang Puncak Sojol, Tentang Puncak Kumtapala, Tentang Dinginnya Sojol, ayooooo saatnya kita yang menceritakan kepada mereka. keganasan Sojol di Ulang Tahun ke XX KUMTAPALA...........diketinggian  1400 MDPL ini  Hanya beberapa menit kami memeriksa cariel, kami harus mempercepat langkah lagi sebelum semuanya kedinginan, kali ini kami tidak istirahat siang, kami tidak mengenal waktu siang lagi, mungkin keasyikan berjalan atau melawan dinginnya Sojol.  Jalan semakin anarkis, jalur semakin membingungkan, string line entah sembunyi dimana. Kami harus memanjat akar-akar pohon dengan membawa beban yang semakin berat saja.  Ini sangat tragis, jika ada anggota tim yang mempertahankan egonya sendiri pasti tidak akan kembali. semua saling berketergantungan, saling menolong, kerjasama yang baik yang kami perlihatkan kepada penghuni Sojol selain kami saat itu, mungkin mereka iri dengan Solidnya Tim ini.  Hari yang berikutnya Perjalanan kami lanjutkan sekitar pukul 07.18 Wis (Waktu Indonesia Sojol), beban semakin hari semakin berat saja, entah apa yang bertambah di dalam carier kami.  Masih tetap semangat walaupun beban semakin berat, seiring waktu berjalan kami pun terus bergegas berjalan,. " PUNCAK KUMTAPALA" Lider berteriak Puncak Kumtapala, sehingga anggota Tim yang lain tidak merasa beban carier yang dibawahnya itu berat..... hampir semua berlari, berlari karena terharu, bangga, bahagia, senang, sedih bercampur menjadi satu.
Kabut masih bersama kami, dicampur badai yang sejak tadi pagi bergandengan dengan kabut.... dingin semakin menggila, hanya sejam kami di Puncak Kumtapala, tidak ada pilihan lain selain melanjutkan perjalanan sambil menengok keatas, kiri dan kanan, sebab gemuruh badai semakin keras. Hinggah mendapatkan tempat untuk ngecamp pukul 16.27 Wis (Waktu Indonesia Sojol).

Pagi ini, sama dengan pagi yang kemaren, hanya saja matahari mengintip lalu lari, mengintip lalu lari,,,,,,... waahhhhh kapan mataharinya bertahan yaaaaa.!!! seperti cerita dihari-hari kemarin, tidak ada bedanya. kami bergegas untuk memasak dan selanjutnya packing barang masing-masing, seperti biasanya membentuk lingkaran, berpegangan tangan dan berdoa.

Langkah demi langkah telah kami layangkan untuk menembus dinginnya Sojol, berjalan sambil menunggu apakah Dingin bisa berubah menjadi panas.... waaaahhh mustahil deh sebab kami berjalan ditengah hutan rimba yang berselimutkan lumut dan tanah yang lembab. Tapi keinginan Tim untuk meraih Puncak Sojol tidak bisa terpatahkan oleh ganasnya Sojol.

Kondisi medan bervariasi, tanjakan lalu menurun, badai dan kabut pun masih menemani setiap langkah kami, jalan sangat licin tidak bisa dihitung berapa banyak dari kami yang sering menyambarkan pantatnya ketanah. , ooohhhh tangan terasa keram, darah seakan tidak mengalir lagi, tangan sudah tidak bisa dikepalkan lagi. Tapi kami harus melawan itu, berjalan terus sambil menghibur satu sama lain.

Pagi  ini Cuaca cerah, tapi semua sudah tampak kedinginan, lesuh, capek dan gelisah semua bercampur aduk menjadi satu. Pukul 06.25 Wis (Waktu Indonesia Sojol) kami siap berangkat, seperti biasanya berbentuk bundaran dan berpegangan tangan lalu berdo’a, kami bergegas melangkahkan kaki dengan tujuan sesuai dengan hasil breeffing kemarin menuju puncak Sojol,  kekompakan tim pun masih utuh dan ini yang selalu kami inginkan.  Dengan  penuh semangat kami pun mendaki sambil berlari dan yang menjadi leader rekan kami Sulfikar di temani Moh. Rifai yang begitu cepat menuntaskan perjalanan sehingga mereka berdua yang lebih dahulu menemukan Triangulasi Puncak Sojol yang menjadi tujuan kedua dari Expedisi Budaya Pedalaman Masyarakat Sojol 2010.
Pukul 9.30 Wis (Waktu Indonesia Sojol), akhirnya  semua tim berhasil meraih Puncak Sojol, seluruh tim terharu, ada kebanggaan tersendiri yang terpancar diwajah ke dua belas orang lelaki yang sampai saat ini sudah tiga belas hari di hutan belantara yang begitu bringas, seram dan mistic.  Saling  berpelukan dan meneteskan air mata mengingat betapa beratnya perjuangan untuk meraih puncak Sojol dan di satu sisi seluruh tim merasa bangga telah berhasil dan mendapat kepuasan tersendiri.  Kemudian semua tim saling bergantian untuk mengabadikan puncak Sojol dengan berfoto-foto, setelah pengambilan dokumentasi selesai kami pun menyempatkan waktu untuk makan snack yang kami bawa serta minum coffe untuk menghilangkan rasa dingin yang semakin menusuk.  Kami mengelilingi Triangulasi, tangan dikepalkan lalu di letakkan didada kiri dan bernyanyi (MARS KUMTAPALA), dan menyusul ucapan ulang tahun kepada Mapala Kumtapala yang ke-XX.
 Hari ini kami harus kembali, kembali ke pertigaan Bonde, pendakian yang terjal harus kami lalui, akar-akar pun kami manfaatkan untuk pijakan kaki, hari ini kami hanya nginap dipertigaan saja, sebab tidak bisa memaksanakan tim untuk melanjutkan perjalanan dalam kondisi seperti ini....  tidak sedikit Kotoran Anoa dan kotoran anoa kami temukan diperjalanan. harus secepatnya istirahat sebab besok menempuh jalur yang menurun. Persiapan logistik masih tersisa untuk tiga  hari, sebagian anggota tim mencari pinang untuk makan malam nantinya..... lumayan mengurangi jatah logistik yang tersisa.
Pagi harinya Tim bersiap-siap untuk turun arena, turun dari pertigaan Bonde, sudah tidak mampu lagi menahan dinginnya dihutan belantara ini, secepatnya mencari hutan yang tidak berlumut. Dua hari perjalanan Tim telah mendapatkan area perkebunan masyarakat Dusun Bonde, tak lama kemudian tiba diperkampungan. Tim langsung ke rumah Bapak Kepala Dusun Bonde......
hidangan makanan telah disiapkan setelah satu jam kemudian, dengan lahapnya kami menyantapnya,,,, baru kali ini merasakan makanan yang super enak selama pendakian....

Team pembantu yang ada di posko induk telah datang menghampiri kami, Antara gembira dan tidak  yang nampak dari sekian orang datang tidak terkecuali Kanda Djamaluddin, SH (Opha),.

SEGENAP TIM EKSPEDISI BERTERIMA KASIH;
Kepada Allah S.W.T. penguasa alam semesta yang telah memberikan kami kekuatan, kesehatan, kesempatan serta lindungan selama kami mengikuti kegiatan Ekspedisi Budaya Masyarakat Pedalaman Sojol 2010. Kepada  KETUM Mapala Kumtapala (Kanda Enik Rahmawati) thanks atas saran-sarannya dan rekomendasinya, Buat anggota Kehormatan dan Alumni Fakultas Hukum UNTAD yang telah membantu kami dalam pendanan pada kegiatan ini kami ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya.  Kepada Kanda Djamaluddin SH alias Opha terima kasih atas Nasihat, saran-saran serta bantuan dananya.  Untuk segenap Anggota Tetap dan Anggota Muda Mapala Kumtapala Trims atas dukungannya dan masukan-masukannya, buat Kanda Hamka Akib, SH thanks nasihatnya dan arahan-arahannya, buat seluruh Anggota Kehormatan dan Anggota tetap serta Anggota Simpatisan Mapala Kumtapala terima kasih atas dukungan Moril dan materilnya kami tidak akan melupakan itu semua. , kepada Saudara-saudara sesama pecinta alam se – Kota Palu terima kasih atas keikhlasan untuk meminjamkan peralatannya. kepada KPA Adventure terima kasih atas carier nya, buat Pak Akhsan dan Bu Akhsan  terima kasih atas jamuannya dan sambutannya, buat pak Guru beserta Warganya terima kasih atas data-datanya, buat Om Jia (Om Kento) terima kasih banyak yach atas semuanya, buat Kepala Desa Siboang, Kepala Desa Balukang II, Camat Sojol (Pak Sultani) dan Kapolsek Sojol terima kasih atas izin dakinya, buat Bapak Rektor Universitas Tadulako Sahabuddin Mustafa terima kasih atas Rekomendasinya yaaa... untuk Bapak Kepala Dusun Bonde terima kasih atas rokok Clas Mild nya dan snack serta jamuan makannya.  Untuk semua warga Dusun Sipator, Dusun Bonde, Desa Balukang II, Desa Bou dan Desa Siboang kami ucapkan banyak terima kasih atas segala informasinya, Kabut dan Badai serta hujan yang tiap harinya menemani kami di pegunungan Sojol yang penuh keseraman “suatu saat kami pasti akan menapakkan kaki kami  lagi” pacet, anoa dan kutu babi berkembang biak yang banyak yahhh… “ kemudian buat Pinang Hutan, Rotan dan Enau terima kasih karena kalian kami bisa minutes logistic kami hehehehehehehe…….” GIGITAN PACET Daun MU “masih gatal nih…..” Kutu Babi, waduh masih ada yang melengket nich.  Untuk jiwa-jiwa petualang sejagad raya Sojol Menanti kalian, marilah kita sama-sama menjaga alam ini beserta isinya karena alam mencintai yang mencintai alam. Dan untuk semua pihak yang tidak sempat kami sebutkan yang telah berpartisipasi secara langsung maupun tidak langsung kami ucapkan terima kasih banyak. Yang teristimewa  untuk MAPALA KUMTAPALA KU yang tercinta. Hanya kaulah yang membuat kami jadi manusia pemberani, ulet, tekun, disiplin serta mandiri.   “Abadilah Engkau Dalam kejayaan”.