Sabtu, 16 Juni 2012

Mapatala Keluhkan Minimnya Peralatan SAR



Sumber            : Media Tadulako
Edisi                : April 2012

Ketua Mapatala (Mahasiswa Pecinta Alam) Universitas Tadulako mengeluhkan minimnya dana akomodasi tim SAR (Search And Rescue) yang terbilang standar. Ditemui diruangannya (9/4) kemarin, Samsul Ketua Mapatala membenarkan pernyataan tersebut. Permintaan dana yang sudah masuk di seksi perlengkapan 26 Maret kemarin belum juga kunjung di ACC-kan. Padahal tim SAR sangat berperan penting dalam menanggulangi beberapa peristiwa. Contoh konkretnya adalah ketika terjadinya banjir bandang Kulawi kemarin, beberapa alat seperti tali tambang, tenda dan kantong mayat masih terbilang minim, akibatnya hal ini menghambat aktifitas para tim SAR yang mengevakuasi para korban bencana, walhasil peralatan seadanya saja yang digunakan untuk mengevakuasi para korban.

Mengingat kembali bahwa bukan kali ini saja tim SAR Mapatala  ikut serta dalam penanggulangan korban bencana, bahkan hampir seluruh daerah Sulawesi Tengah sudah pernah mereka tanggulangi. Dari pantai Barat, Desa Kaliburu, Kabupaten Morowali, hingga pantai Talise sudah dijamah oleh tim SAR Mapatala Untad.
“Memang kami mengalami banyak kekurangan alat tim SAR, terlebih perlengkapan Outdoor adventure seperti : perahu karet, Alat Selam, HT, Kantong Mayat, Tenda Evakuasi beserta Mobil Operasional. Ungkap Samsul” Menunggu dana yang belum kunjung cair, tidak membuat keanggotaan tim SAR melupakan pengabdiannya terhadap masyarakat. Menolong masyarakat dengan perlengkapan seadanya masih lebih baik dari pada tidak sama sekali.
Samsul juga menambahkan minimnya air bersih seringkali membuat teman se-anggotanya mengeluh. Lokasi Mapatala yang berdekatan tidak jauh dari P2WKN, tampaknya memang hampir semua fasilitasnya belum bisa dinikmati bagi sekumpulan Mapala dari berbagai Fakultas tersebut (MAPATALA). “Maka dari itu seharusnya pihak birokrasi bisa lebih memperhatikan fasilitas bagi peralatan Tim SAR kami, terlebih minimnya air bersih yang sulit dijangkau. Tutup Samsul. VZ

Tidak ada komentar: